|
Add caption |
CLASS
Sebuah Class mendefinisikan karakteristik abstrak dari sebuah benda (objek),
termasuk karakteristik benda (atribut atau ciri benda) dan perilaku benda tersebut (sesuatu yang bisa
dilakukan oleh benda tersebut atau dikenal dengan method atau operasi).
Misal objek adalah manusia, secara umum manusia memiliki nama, tinggi, berat dll.
Object
Object adalah sebuah instansiasi (instance) khusus dari sebuah class.
Contoh : objek yang bernama Irma merupakan sebuah instansiasi dari
sebuah class TManusia.
Mengenal Eksepsi
Eksepsi merupakan sebuah mekanisme untuk mengatasi kesalahan sewaktu program di eksekusi. Dengan
memberikan kode pada penanganan eksepsi, suatu tindakan dapat diatur sendiri oleh pemrogram sekiranya kesalahan –
kesalahan yang tidak normal terjadi.
Delphi menyediakan dua konstruksi yang terkait dengan eksepsi, yaitu
berupa :
· try…except dan
· try…finally
Pemilihan Penggunaan Eksepsi
Bila ingin meyakinkan bahwa apapun yang terjadi suatu kode harus dieksekusi (missal pembebasan memory), maka gunakan try…finally.
Sedang untuk mengatur agar suatu kode dieksekusi manakala sesuatu eksepsi
terjadi, maka gunakan try…except.
Constructor
& Destructor
Dalam pembuatan objek / kelas terdapat metode selain procedure dan
function adalah konstruktor & destruktor.
Konstruktor digunakan u/ menginisialisasi objek, dipanggil pada saat
objek diciptakan.
Destruktor biasanya setelah objek tidak digunakan lagi.
ADS HERE !!!